Pengertian perubahan dan pengembangan Organisasi
Perubahan organisasi
Setiap organisasi akan selalu
membutuhkan suatu perubahan walaupun hanya perubahan kecil, perubahan tersebut sebagai reaksi terhadap
perubahan dalam lingkungan organisasi tersebut. Perubahan organisasi mengacu
kepada hal yang berkaitan dengan aktivitas pelaksanaan tugas di dalam suatu
organisasi, sehingga menuju kepada suatu keadaan di dalam perusahaan tersebut
yang dianggap lebih baik oleh pihak manajemen seiring dengan berjalannya waktu.
Restrukturisasi organisasi adalah salah satu dari bentuk perubahan organisasi.
Penyebab Perubahan:
Internal : (Perubahan tujuan,
Perubahan struktur organisasi, Perubahan cara operasional/aktivitas organisasi,
dll)
- Perubahan Internal yang Direncanakan (planned internal change) Misal: sebuah perusahaan melakukan akuisisi perusahaan lain.
- Perubahan Internal Tidak Direncanakan (Unplanned internal change) Misal: perubahan karakteristik demografis (jenis kelamin, pendidikan, usia) tenaga kerja pada suatu perusahaan.
Eksternal : (Perubahan sistem
ekonomi, Teknologi baru,dll )
- Perubahan Eksternal yang Direncanakan (planned external change) Misal: pengenalan teknologi baru
- Perubahan Eksternal Tidak Direncanakan (Unplanned external change) Misal: perubahan kebijakan moneter sbg respon perubahan politik&ekonomi tiba-tiba.
Pengembangan Organisasi
Tujuan utama Pengembangan
Organisasi adalah untuk perbaikan fungsi organisasi itu sendiri. Peningkatan
produktivitas dan keefektifan organisasi membawa implikasi terhadap kapabilitas
organisasi dalam membuat keputusan berkualitas dengan melakukan perubahan
terhadap struktur, kultur, tugas, teknologi dan sumber daya manusia. Pendekatan
utama terhadap hal ini adalah mengembangkan budaya organisasi yang dapat
memaksimalkan keterlibatan orang dalam pembuatan keputusan yang efektif dalam
organisasi.
Menurut Robbins (1984), usaha PO
pada umumnya diarahkan pada dua tujuan akhir, yaitu peningkatan keefektifan
organisasi dan peningkatan kepuasan anggotanya. Lebih lanjut, Robbins merinci
tujuan PO sebagai berikut:
- Meningkatkan tingkat kepercayaan dan dukungan di antara anggota organisasi;
- Meningkatkan timbulnya konfrontasi terhadap masalah organisasi baik dalam kelompok maupun antar-kelompok, sebagai kebalikan dari to sweeping problem under the rug;
- Terciptanya lingkungan dimana otoritas peran yang ditetapkan ditingkatkan dengan otoritas berdasarkan pengetahuan dan keterampilan;
- Meningkatkan keterbukaan komunikasi secara horisontal, vertikal dan diagonal;
- Menaikkan tingkat antusiasme dan kepuasan personal dalam organisasi;
- Menemukan solusi yang sinergis terhadap masalah; dan
- Menaikkan tingkat responsibilitas diri dan kelompok dalam perencanaan.
Langkah-langkah perubahan
organisasi
1.Menyadarkan para anggota bahwa perubahan
tertentu perlu dilakukan (unfreezing),
2.Melakukan perubahan (changing),
3.Menstabilkan situasi setelah perubahan
dilaksanakan (refreezing).
Tahap pertama menumbuhkan kesadaran
akan pentingnya perubahan. Tahapan ini melibatkan faktor manusianya. Manusia
merupakan faktor kunci keberhasilan perubahan tetapi dapat pula merupakan
faktor yang menyebabkan proses perubahan gagal mencapai tujuan yang telah
ditentukan. Setiap perubahan memiliki tujuan tertentu yang hendak dicapai.
Tujuan tersebut harus dikomunikasikan kepada anggota sehingga mereka menyadari
bahwa perubahan yang hendak dilaksanakan memang merupakan sesuatu yang penting
bagi organisasi.
Setelah menyadari arti pentingnya
perubahan yang hendak di tempuh, barulah perubahan dilaksanakan. Dengan
melaksanakan perubahan organisasi, berarti sikap dan tingkah laku para anggota
terhadap organisasi yang selama ini mereka tunjukkan mengalami perubahan. Selam
masa transisi ini berlangsung, organisasi berada pada kondisi kritis.
Tahapan berikutnya adalah
mengembalikan organisasi kepada situasi yang normal kembali. Setelah perubahan
dilaksanakan, berbagai aturan baru diberlakukan secara penuh, demikian juga
anggota diharapkan bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan kondisi
organisasi yang baru.
Hage dan Aiken menyebutkan bahwa
proses perubahan terdiri atas empat langkah, yaitu (1) evaluasi, (2) inisiasi,
(3) implementasi, (4) rutinitas. Sedangkan Lipham dalam sintesisnya,
mengembangkan tujuh langkah proses pembaharuan, yakni: (1) kesadaran, (2) inisiasi,
(3) implementasi, (4) rutinisasi, (5) perbaikan, (6) pembaharuan, (7) evaluasi.
Perencanaan Strategi dan
Pengembangan Organisasi
> Pengamatan Eksternal
Yaitu dengan memperhatikan
kesempatan dan ancaman di segala aspek, baik ekonomi, politik, teknologi,
budaya dan lainnya yang semua variable itu akan membentuk karakter organisasi.
Metode ini sesuai dengan yang dinyatakan oleh Wayne E. Rosing, wakil Direktur
pengembangan Sun Microsystems, Inc ” Tidak ada satupun yang memotivasi Sun
kecuali ketakutan akan apa yang dilakukan oleh pesaing ”.
>
Pengamatan Internal
Terdiri dari eavaluasi SDM dan
struktur organisasi, dengan tujuan mengukur kesiapan SDM (inputs) strategi
sekarang (proses), kinerja (outputs) dan potensi dalam yang akan membentuk
kedinamisan organisasi. Dalam internal terdapat dua variable yang penting,
yaitu, Struktur dan Budaya. Struktur berkenaan dengan mekanisme, prosedural
organisasi. Budaya adalah yang berkenaan dengan pola keyakinan dan pemikiran,
aspirasi dan nilai-nilai yang diharapkan oleh semua anggota organisasi.
>
Perumusan organisasi.
Adalah pengembangan planing jangka
panjang, dari menejemen yang efektif dari kesempatan dan ancaman yang
disinergiskan dengan kondisi internal.
> Misi
Misi Organisasi adalah tujuan atau
alasan mengapa organisasi ada dan mempertegas keberadaan organisasi. Konsep
misi yang disusun dengan sistemik dan general itu akan menjadikan ciri khas
organisasi dengan organisasi yang lain, dan berperan terhadap uniknya nilai
produk organisasi yang ditawarkan. Konsepsi misi yang apik juga dapat
meminimalisir konflik internal yang dianggap kurang prinsip dan membantu
meningkatkan intensitas diskusi dan kajian secara produktiv. Namun sebelum
mengembangkan misi, alangkah baiknya menetukan analisis stakeholder. Dalam hal
ini stakeholder organisasi adalah, SDM, atau organisasi apapun dieksternal yang
yang dapat melakukan perhatian yang dipengaruhi oleh hasil itu.
> Tujuan
Adalah hasil akhir aktivitas
perencanaan, dengan merumuskan apa dan kapan yang akan diselasaikan dengan
mengukur sasaran.
>
Strategi
Strategi merupakan konsep
perencanaan komprehensif tentang bagiamana organisasi dapat mencapai misi dan
tujuan.
>
Kebijakan
Adalah pedoman luas yang
menghubungkan strategi dan implementasi. Kebijakan ini bersifat general yang
nantinya akan diikuti dan disepesifikan dan di interpretasikan dan di
implementasikan oleh devisi-devisi melalui strategi dan tujuan devisi
masing-masing.
> Implementasi strategi
Adalah proses dimana manajemen
mewujudkan strategi dan kebijakan dalam tindakan melalui pengembangan program,
anggaran dan prosedur.
>
Program
Adalah pernyataan
aktivitas-aktivitas yang diperlukan untuk menyelesaikan pereencanaan sekali
pakai.
>
Anggaran
Adalah program yang dinyatakan
dalam satuan uang, setiap program akan dinyatakan secara rinci dalam biaya,
yang dapat digunakan oleh SDM untuk mengelola organisasi.
> Prosedur
Sering juga disebut dengan standard
operating proscedurs, yaitu langkah-langkah yang berurutan yang menggambarkan
dengan rinci bagaimana suatu tugas atau pekerjaan diselesaikan.
>
Evaluasi dan Pengendalian
Adalah proses yang melalui
aktivitas-aktivitas dan hasil kerja dimonitor dan kinerja nyata dengan
kinerja/program yang diinginkan. Hasil yang diharapkan dalam sebuah organisasi
adalah bentuk peningkatan efektivitas organisasi : produk, efesiensi, dan
kepuasan dalam jangka pendek, adaptasi dan pengembangan dalam jangka menengah,
kemampuan berrtahan dalam jangka panjang.
Implikasi Manajerial
Sebab yang terjadi karena adanya
perubahan dan pengembangan organisasi adalah sebuah organisasi tersebut akan
mengalami peningkatan baik dalam kinerja maupun hal lainnya, organisasi
tersebut juga tidak akan diam/stuck di dalam suatu posisi melainkan terus berkembang
semakin hari.
Reff :
http://ediwibowo88.blogspot.com/2010/05/pendahuluan-1.html
http://www.freewebs.com/hijrahsaputra/makalah/PEMBAHASAN%20PEMBAHARUAN%20ORGANISASI.htm
http://zhaxiann.blogspot.com/2013/04/perubahan-dan-pengembangan-organisasi.html
Komentar
Posting Komentar