Manfaat, Kekurangan dan Solusi Perkembangan IT pada Pendidikan

Manfaat perkembangan IT dalam pendidikan
Tidak ada pernah memungkiri bahwa kemajuan bidang teknologi dan informasi ( IT) telah membawa banyak keuntungan bagi manusia dalam kehidupannya. Karena itu, wajar jika setiap manusia beranggapan bahwa IT tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal tersebut telah membawa banyak keuntungan bagi kehidupan manusia salah satunya dalam membantu pekerjaan yang mereka geluti. Kemajuan bidang teknologi dan informasi membawa banyak manfaat terutama untuk beberapa bidang penting seperti pendidikan. Dengan beberapa contoh manfaat dalam pendidikan :

- Update Informasi mengenai kurikulum dan bahan ajaran yang baru
Seperti yang sudah disebutkan diatas, seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, setiap guru dituntut untuk selalu update dengan beberapa informasi terutama bahan ajaran yang baru. Karena itu, setiap guru berusaha untuk terus mengupdate bahan ajaran mereka melalui internet karena, mereka bsia mengetahui beberapa bahan ajaran yang baru melalui internet tersebut. Selain bahan ajaran, setiap guru juga dapat mengetahui tentang sistem kurikulum yang diterapkan di setiap negara maju. Beberapa kurikulum yang berhasil dan terbukti bisa memajukan kualitas murid bisa dicontoh atau dijadikan contoh untuk membuat sebuah kurikulum yang baru dan dipercaya akan memajukan kualitas bangsa.

- Membantu Proses Belajara Mengajar
Salah satu manfaat IT yang sangat membantu para guru adalah hal tersebut dapat mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, hal ini sangat membantu para guru dalam kegiatan belajar-mengajar. Contohnya adalah, keberadaan LCD, Laptop, dan proyektor menjadi bukti bahwa kemajuan teknologi sangat membantu para guru dalam mengajarkan sebuah materi yang baru kepada para muridnya. Para guru dapat menyajikan sebuah metode pembelajaran yang menarik dan tidak membosanakan. Karena itu, para murid akan merasa sangat tertarik dan tidak mudah bosan saat menyimak pelajaran yang disampaikan oleh sang guru.

- Memicu Kreativitas para guru
Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, hal tersebut bisa menjadi salah satu manfaat IT yang memicu setiap guru untuk bisa lebih kreatif dan mengeluarkan sebuah inovasi yang dapat digunakan untuk memajukan dunia pendidikan. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, para guru juga dituntut untuk lebih maju dengan cara menciptakan sebuah inovasi belajar-mengajar yang sangat baik bagi setiap muridnya. Hal ini menjadi contoh dari kegunaan IT yang sangat baik dan bisa digunakan untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia masa kini.

- Menciptakan kegiatan belajar yang mengasyikkan
Dengan adanya beberapa metode pembelajaran yang baru, setiap guru bisa memberikannya pada murid dan menciptakan sebuah atmosfer belajar-mengajar yang sangat menarik dan tidak membosankan. Hal ini sangat bagus demi memicu daya paham si murid agar cepat paham pada setiap bahan pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Karena itu, hal ini menjadi salah satu manfaat IT  yang dirasakan oleh setiap orang baik itu murid maupun guru. Para murid juga tidak akan cepat merasa bosan karena mereka akan selalu tertarik untuk belajar terus karena metode pembelajaran yang diberika selalu baru. Hal ini sangat baik agar dapat mendongkrak nilai para murid dalam beberapa mata pelajaran yang biasanya dianggap susah seperti matematika, bhs. Inggris,dll. 
 
Dampak negatif  Teknologi Informasi Bagi Pendidikan

1.  Malas belajar dan mengerjakan tugas
Penggunaaan komputer juga menimbulkan dampak negatif dalam dunia pendidikan. Seseorang terutama anak-anak yang terbiasa menggunakan komputer, cenderung menjadi malas karena mereka menjadi lebih tertarik untuk bermain komputer dari pada mengerjakan tugas atau belajar.

Solusi :
Solusi untuk meminimalisasi dampak negatif tersebut yaitu dengan memaksimalkan peran serta orang tua dalam memberikan perhatian, pengertian dan membimbing anak-anak dalam belajar dan bermain. Sehingga bila anak-anak dirasa sudah berlebihan dalam menggunakan komputer orang tua bisa segera membatasi dan mencegah terjadinya ketergantungan.

2. Perubahan Tulisan Tangan
Dengan kemudahan dan kepraktian yang diberikan oleh komputer, terutama dalam hal menuliskan suatu text, membuat seseorang cenderung memilih untuk mengetik daripada harus menulis secara manual. Akibatnya, lama kelamaan seseorang akan mengalami
perubahan tulisan, dari yang dulunya rapih, sampai akhirnya menjadi tulisan yang berantakan dan sulit dibaca, Hal tersebut karena mereka tidak lagi terbiasa untuk menulis secara manual.

Solusi :
Solusi untuk meminimalisasi dampak negatif tersebut yaitu dengan menyeimbangkan antara penggunaan tulisan manual dengan mengetik di komputer. Cobalah untuk tidak hanya mengandalkan komputer untuk membuat suatu text, karena perlu disadari bahwa tidak selamanya kita dapat mengandalkan teknologi. Teknologi hanyalah seperangkat alat yang bisa saja tiba-tiba terjadi kerusakan ataupun error, yang dimana pada saat itu kita tidak dapat lagi mengandalkannya, sehingga kita juga harus dapat menyeimbangkan antara penggunaan secara manual dengan penggunaan teknologi.

3.Antisocial Behavior
Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan dari penyalahgunaan komputer adalah antisocial behavior. Dimana pengguna komputer tersebut tidak lagi peduli kepada lingkungan sosialnya dan cenderung mengutamakan komputer. Selain itu, pengguna komputer tersebut tidak peduli lagi apa yang terjadi disekitarnya, satu-satunya yang dapat menarik perhatiannya hanyalah komputer saja. Orang akan menjadi lebih jarang berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, sehingga kemampuan interpersonal dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal. Lama kelamaan, seseorang akan sulit menjalin komunikasi dan membangun relasi dengan orang-orang disekitarnya. Bila hal tersebut tidak segera ditanggulangi akan menumbulkan dampak yang sangat buruk, yang dimana manusia lama kelamaan akan sangat individualis dan tidak akan ada lagi interaksi ataupun sosialisasi.

Solusi :
Antisocial behavior dapat ditanggulangi dengan menciptakan kesadaran dari diri sendiri akan dampak buruk dari antisocial behavior dan mulai memperbanyak kegiatan di luar rumah dengan keuarga atau teman-teman, seperti olahraga bersama, traveling, hang out bersama teman, dll. Dengan begitu seseorang akan merasakan bahwa sosialisasi dengan sesamanya merupakan suatu kebutuhannya selain kebutuhannya akan komputer.


Sumber :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh 12 Prinsip Dasar Penerapan Animasi

Strategi Pengujian Perangkat Lunak

ITSM (Information Technology Service Management)